Bidang SMP

Seksi Tentis Bidang Pembinaan SMP

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGKOLABORASIKAN MUATAN MATERI PENDIDIKAN BERKARAKTER JENJANG SMP

Aris Munandar | Selasa, 10 Maret 2020 - 12:36:43 WIB | dibaca: 4057 pembaca

Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengkolaborasikan Muatan Materi Pendidikan Karakter Jenjang SMP dilaksanakan oleh Seksi Tenaga Teknis Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi dengan jumlah peserta sebanyak 130 guru SMP dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu-Jumat  tanggal 04-06 Maret 2020 di Grand Hotel Cikarang. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP (Bapak Kusuma Ridwan, S. Pd., M. Pd.) dengan Materi Kebijakan Dinas Pendidikan disampaiakn oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi (Bapak Dr. H. Carwinda, M. Si.). Dalam pemamaparannya, Kepala Dinas Pendidikan menyampiakan bahwa rencana tahun 2021 Dinas Pendidikan akan menetapkan Kompetensi Dasar Minimal Lulusan (KDML) dari jenjang Paud sampai Sekolah Menengah Pertama dan Study Lapangan atau yang sekarang dikenal dengan outing class akan dibiayai dari APBD dengan lokasi cagar budaya Kabupaten Bekasi.

Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengkolaborasikan Muatan Materi Pendidikan Karakter Jenjang SMP dilaksanakan karena Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan salah satu program prioritas pemerintah pusat dan Pemerintah Kabupaten Bekasi, hal tersebut berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional; Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru; Peraturan Presiden RI Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter; Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal; dan Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Kabupaten Bekasi.
 
Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan skill dan kompetensi guru SMP dalam mengkolaborasikan muatan materi pendidikan karakter dengan materi pelajaran yang diampu dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, serta memotivasi dan meningkatan tali silaturrahim agar terjalin kolaborasi yang sinergis antara guru dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di Kabupaten Bekasi.
 
Dalam kegiatan tersebut peserta mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang pendidikan karakter dari para narasumber atau penyaji yang dihadirkan dari LPMP Provinsi Jawa Barat dan UNSIKA Karawang. Adapaun materinya adalah: Konsep dan Kebijakan PPK; Modul PPK Berbasis Kelas; Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas; Penyusunan RPP Kurikulum 2013 (Berdasarkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019); Modul Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru; Penilaian Pendidikan Dalam Merdeka Belajar Puas Belajar; Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter Pendidikan Karakter Berbasis Kelas; dan materi keterampilan seperti salam pendidikan karakter dan video-video tentang pendidikan karakter. (Cha-inxMan)    
 










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)